HOLLA ^^

Kamis, 05 Februari 2009

My Mandar

Retrospektivitas dan sentimentalitas akan origin seseorang adalah segalanya, yang akan selalu dibawa menjadi identitasnya meski ia pergi jauh sekalipun..”

-Saras Dewi on her blog

Mmie bangga jadi orang Mandar.

Banggaaa banget.

Yeah, I know, semua orang juga pasti bangga sama origin yang disandangnya. Tapi Mmie lain, secara suku Mmie ngga se-famous Bali yang eksotis, atau Minang yang religius. Mandar hanya etnis yang terpinggirkan di daratan Sulawesi, areal yang jarang tersentuh perataan pembangunan kala masih bagian dari Sulawesi Selatan. Selalu jadi anak bawang, -bahkan seorang senior di kampus yang antropologist ngasi tau Mmie kalo selama ini ranah Mandar, -Paku hinng Suremana, konon sengaja dihambat agar kami tak bisa berkembang. Mau contoh konkrit? Liat aja jalanan di perbatasan Polewali Mandar-Pinrang atau jalan Trans-Palu yang tak kunjung mulus. Meminjam istilah sang Senior, itu karena Mandar adalah Singa yang tertidur. Ngedengernya Mmie sampe ternganga-nganga [ iyokahh? Sialan tuh oknum-oknum! Sirik aja sama orang Mandar, kalo mau bersaing yang sehat dong! ]

Namun kami, etnis Mandar tak sudi ter-’jajah’. Maka kami resmi melepaskan diri pada 2004 untuk tegar di atas kaki sendiri, Sulawesi Barat. [Loh, kok jadi mirip artikel Politis gini sih?]

Alih-alih terkenal karena pesona budaya atau flora-faunanya, suku Mmie malah dikenal dengan nuansa mistik yang kental; baca-baca pelembek kepala yang konon jadi andalan orang Mandar ketika cintanya tak kesampaian, atau minyak tokke untuk pengasihan [upps, maksud Mmie’ tokek’ :)], dan banyak lagi praktik klenik masyhur yang disandangkan pada nama Mandar.

Iihh, sebel banget tau ngga, waktu dapet tugas wawancara sama Kepala Sekuriti Unhas. Pas Mmie pamit tuh bapak [yang nyangar dan bertitel ‘Drs.’] ngomong;

“Dek, dek, kapan pulang ke Mandar lagi?”

“Mmm, tau-mi Pak..”

*Mmie dah kepikiran nih bapak mau nitip oleh-oleh pecahan Adam Air, khu khu khu*

Tapi u know what?

Tuh bapak malah nitip ajian kebal senjata sama orang-orang ‘pintar’ di Mandar.. -_-“

Sompret.

Sumpah Mmie kecewa banget. Napa orang-orang cuman motret Mandar dari sisi Primitifnya? Apa orang-orang ngga tau, kalo sesungguhnya nelayan handal di lautan Sulawesi bukanlah Suku Bugis atau Makassar, melainkan kami, Orang-orang Mandar? [buat yang bersuku Makassar atau Bugis, Mmie ngga takoot! Baca deh, bukunya Ridwan Alimuddin, nyaho luw!]. Ngga kenal Baharuddin Lopa sang Pejuang keadilan? Husni Djamaluddin Sang Panglima puisi? [yang masyhur lewat puisinya ‘Indonesia, masihkah engkau tanah airku?’], atau Menpora Adhyaksa Dault?

Dan hey, orang-orang Jawa, stop mem-blow-up Kartini-mu, kami orang-orang Mandar juga punya Andi Depu!

Ya siih, akhir2 ni, Mandar, utamanya Majene, lumayan sering jadi sorotan media. Terkait pesawat Adam Air yang [katanya] lenyap di perairan Majene dan masih sumir hingga kini, kemenangan kontestan asal Majene di KDI 4, Nurdin [hey, aslinya cakep banget loh! Nurdin pernah datang ke Tande, kampong Mmie, buat ziarah kubur. Huahaha, orang-orang pada turun sekampung, sampe ninggalin cucian buat salaman doang sama Nurdin! Mmie juga kok, khu khu khu], dan terakhir, KM. Teratai Prima yang juga ditengarai karam di lautan Majene yang penuh teka-teki.

Tanah yang biasanya terlipat di ketiak sejarah kini mulai tersibak...

Tapi napa coba, semuanya cuman karena hal-hal ‘konyol’ kek gitu? Napa coba, orang-orang ngga ngeliput Sandeq Race, -kompetisi tahunan yang bahkan menarik warga asing untuk turut berpartisipasi? Napa ngga me-publish tari Pattuqdoq yang Mmie yakin ngga kalah keren sama tari Pakkarena, tari yang paling terkenal dari daratan Sulawesi? Ngga pernah menyorot khazanah Susastra Mandar yang sesungguhnya -amat-sangat-eksotis?

Mmie sering termehek-mehek kalo lagi menghayati lagu-lagu Mandar, khu khu khu...

“Salili towando i’o mua’ asari allo..”

Atau

“Polemi To rangga sela, polemi To rangga sela,,

Polei sambare cinna, su’eangi so’nai lamba,,”

Huawwwhh...;

*Udah yah, Mmie jadi larut dalam eksmosi nih.. :P*

***

Waktu masih tinggal di tanah Mandar, sentimentalitas akan ke-Mandar-an ini bisa dibilang ngga pernah menyeruak. Sekaranglah, ketika Mmie tak lagi bermukim di tanah leluhur, semua kebanggaan, pemberontakan, dan pembelaan ini muncul. Yeah, walopun rada ngga berdasar sih, malu-maluin banget Mmie kudu ngakuin kalo wawasan Mmie tentang suku Mmie sendiri masih sangat terbatas :p.

Palagi di Makassar, Mmie jarang banget bisa ketemu orang-orang Mandar. Di Universitas, Fakultas, moreover di jurusan Mmie. Terhitung di jurusan Mmie, Ilmu Komunikasi, hingga 2 atau 3 angkatan di atas Mmie, hanya Mmie seorang yang Mandar asli. Ada sih, domisili Sulbar, tapi ada yang ‘blasteran’-lah, ada yang nebeng tinggal doang di tanah Mandar, ada juga yang berdarah Mandar tapi ngga paham Mandar.

[Sorry to say, buat Mmie, mereka bukan bagian dari Mandar-ku...]

Mmie jadi sering ngerasa lonely, kering sentuhan saudara se-suku [yang baru Mmie sadarin, amat berarti ketika jauh di tanah rantau T_T].

Betapa aku sangat mencintai Mandarku...

Hmmh.., I promise now, bakal belajar lebih giat lagi, biar kelak dunia tau, bicara Mandar tak hanya mantra pejinak lelaki.

PS:

Fellas, expecting ur comments yah, smua boleh bicara :)

-Mmiesayank

2 komentar:

anytHin RoCkz mengatakan...

am i still mandar????
slama ini gw gag pernah nganggapmandar adalah my hometown,,bahkan selama ini ill gosomewhre else selain mandar...
but u wakeme up beiiib,,,
ps. tari pattuqduq mandar udah nyabet piala presiden pa ves. kebudayaan nusantara di istana merdeka (maqin bangga euyyyyy)
dan kudanya asli dari mandar (padahal udah dilarang bawa binatang asli untuk masuk ke istana merdeka)oooh,kenekatan yang berbuah maniss. mr.SBY ajah ampe terkagum-kagum.
loh.
so, Indonesia,here we r,,,come and see us,and we proud become a mandar

deviansejati mengatakan...

huaaaa,,,
God put us 2gether, honey,,,
w'll be lweiz in d same page :)
Gablezt, thx 4 viewin my blog...

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates